Sejarah Nasi Ayam

1
Sejarah Nasi Ayam

Nasi Ayam adalah hidangan yang tidak pernah ketinggalan dari daftar makanan favorit orang Malaysia. Sebenarnya nasi ayam ini sangat mudah ditemukan dimanapun di Malaysia, pergi ke sudut manapun dan anda akan menemukan warung nasi ayam.

Asal Usul Nasi Ayam

Menurut sejarahnya, nasi ayam ini berasal dari masakan yang dibuat dan dibawa oleh para imigran Tionghoa di Asia Tenggara. Menurut penelitian, mereka menjelaskan bahwa chicken rice atau nasi ayam hainan diadaptasi dari hidangan yang disebut "nasi ayam wenchang" yang berasal dari wenchang di pulau hainan, china.

Sejarah Nasi Ayam

Perbedaan nasi ayam Malaysia/Singapura dengan nasi ayam Wenchang adalah cara memasak ayamnya dan bumbunya menggunakan paprika kuning sebagai pengganti cabai. Tak hanya itu, kuah nasi ayam wenchang juga sangat sederhana karena hanya menggunakan minyak, acar calamansi, bawang putih dan jahe. Ini karena daging ayam menjadi fokus dari hidangan ini. Nasinya juga putih polos – bukan kuning seperti nasi ayam di Malaysia atau Singapura.

Nasi ayam pertama kali sampai ke Malaysia pada tahun 1939 ketika warung pertama yang menjual nasi ayam muncul di negara tersebut. Sedangkan setahun setelahnya, warung nasi ayam pertama kali muncul di Singapura pada tahun 1940. Hingga saat ini, penjualan nasi ayam masih bertahan dan masih mendapat sambutan meriah dari setiap pecinta makanan.

Sejarah Nasi Ayam

Jadi, nasi ayam dan nasi ayam Hainan dinamai demikian karena asal usulnya dari penduduk Tionghoa Hainan di daerah Nanyang. Versi nasi ayam yang tersedia di dekat Malaysia dan Singapura ini merupakan versi yang dipadukan dengan unsur lokal untuk mengikuti selera makanan orang Asia Tenggara.

Sejarah Nasi Ayam

Nasi ayam Hainan adalah hidangan sederhana dari ayam rebus berair dan nasi aromatik, biasanya disajikan dengan bumbu seperti jahe tumbuk, kecap kental, dan saus sambal. Nasi ayam yang biasa dijual di Malaysia berbeda dengan masakan ayam yang biasanya dipanggang atau digoreng. Sajian nasi ayam hainan juga menjadi pilihan yang lebih sehat dan baik untuk orang yang sedang diet atau menjaga pola makannya karena tidak digoreng.

peamasamba peamasamba peamasamba peamasamba peamasamba peamasamba peamasamba peamasamba

Post a Comment

1 Comments
* Tolong Jangan Ngespam Ya. Semua komentar akan ditinjau oleh Admin.
Post a Comment