Proses Menyakitkan Yang Dialami Seseorang Sebeleum Meninggal

1

 

Proses Menyakitkan Yang Dialami Seseorang Sebeleum Meninggal

Suhu yang terlalu rendah dapat sangat mematikan. Baru2 ini kita dikejutkan dengan wafatnya seorang pendaki di Gunung Lawu yang ditemukan tanpa baju dan hanya mengenakan celana jeans. Diketahui, korban telah mengalami Paradoxical Undressing, suatu tahapan ekstrim dari hipotermia. Lalu bagaimana rasanya dan apa yang akan kita rasakan saat mengalami hipotermia dari yang skala permulaan sampai yang ekstrim? Terutama yg dirasakan oleh para pendaki gunung. Berikut pemaparannya.

1. Aliran darah mulai tidak lancar.
Ini adalah awal dari hipotermia. Biasanya badan akan terasa sakit2, lemas dan mengantuk. Pada posisi ini jangan sampai tertidur. Karena dengan terjaga dan terus bergerak, maka tubuh akan berusaha menghangatkan diri
.
2. Menggigil Termogenesis. Menggigil adalah salah satu cara tubuh bertahan dari suhu dingin. Saat kita menggigil, sebenarnya yg terjadi adalah kontraksi otot yg terus menerus untuk melepaskan panas. Semakin dingin, maka kontraksi itu akan semakin cepat.
.
3. Frostbite. Ketika hawa dingin terus menyebar selama 30 menit dan tidak teratasi, tahapan selanjutnya adalah Frostbite. Pada kondisi ini kulit dan jaringan dalam tubuhmu akan membeku. Hal ini bisa dilihat dari jari2 yg mulai mati rasa lalu menghitam dan kemudian membusuk karena jaringan yg mati tidak dialiri darah karena membeku.
.
4. Delirium atau Paradoxical Undressing. Pada kondisi ini syaraf sudah tidak lagi mengirimkan pesan dengan benar ke otak. Kita menggigil namun impuls yg disampaikan ke otak adalah "kita kepanasan". Pada tahap ini kita akan melepaskan pakaian karena kepanasan, tapi tubuh tetap menggigil kedinginan. Kita juga sudah kehilangan kesadaran, berhalusinasi, dan kehilangan daya pikir.
.
5.Hilangnya pengelihatan.
Sisten pertahananmu mulai menyerah menghangatkan tubuhmu dan dingin mulai merata disekujur tubuhmu. Hingga sampai ke bola matamu. Kelopak matamu akan bengkak, akan sensitif pada cahaya dan kornea matamu membeku. Jika tidak segera ditolong, matamu akan buta secara permanen
.
6. Tidur selamanya..
.

Post a Comment

1 Comments
* Tolong Jangan Ngespam Ya. Semua komentar akan ditinjau oleh Admin.
Post a Comment