Gunung Terkecil Di Dunia

2

Gunung Terkecil Di Dunia

Gunung Everest dikenal sebagai gunung tertinggi di dunia, Gunung Kilimanjaro merupakan gunung tertinggi di Afrika dan Mont Blanc merupakan gunung tertinggi di Eropa. Namun, tahukah kamu di mana letak gunung terkecil di dunia?

Sumber Atlas Dunia melaporkan bahwa gelar tersebut dipegang oleh Gunung Wycheproof yang terletak di kota kecil Wycheproof di Victoria, Australia.

Gunung Terkecil Di Dunia

Gunung terkecil di dunia tercatat 486 kaki di atas permukaan laut dan 141 kaki di atas medan sekitarnya. Permukaan gunung ini tidak bersalju seperti Gunung Everest. Bahkan, pengunjung yang ingin mendaki ke sini tidak dipungut biaya. Gunung Wycheproof juga memiliki sejumlah jalur untuk memudahkan para pendaki menjelajahi kawasan tersebut. 

Lebih unik lagi, beberapa hewan liar seperti emu dan kangguru dapat dilihat di lingkungan sekitar. Gn. Wycheproof mendapatkan namanya setelah kota tempat ia dibangun. Nama Wycheproof berasal dari bahasa asli 'Wichi-poorp' yang berarti 'rumput di atas bukit'. Bukit atau kawasan yang disebut Gunung Wycheproof ini merupakan pemukiman penting masyarakat setempat saat itu. 

Sedangkan permukaan gunung terbentuk dari batu granit dan terbentang di atas padang rumput yang datar.

Gunung Terkecil Di Dunia

Uniknya, ia juga memiliki mineral tersendiri yang dikenal dengan Wycheproofite. Material geologis pink yang unik menjadi elemen eksklusif bagi pemukiman di sana. Selanjutnya, ada kota berpenghuni yang terletak di lereng barat daya Gunung Wycheproof. 

Pemukiman tersebut dikatakan telah dimulai pada awal tahun 1846. Namun, baru disurvei pada tahun 1875. Diperkirakan 789 orang tinggal di distrik tersebut. Mereka menggarap tanaman gandum dan beternak domba sebagai sumber ekonomi. 

Secara khusus, kawasan pemukiman juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti sekolah, transportasi kereta api dan motel. Tak hanya itu, pos polisi dan kantor pos juga dibangun untuk memfasilitasi warga di sekitarnya. Mt Wycheproof masih memiliki keunikan tersendiri. Betapa tidak, setiap tahunnya menjadi lokasi utama sebagai tempat diselenggarakannya festival gandum tahunan oleh masyarakat setempat. 

Gunung Terkecil Di Dunia

Dapat dipahami bahwa pemerintah Victoria juga membuat keputusan melalui Victoria Territory Development agar lokasi di sekitar gunung terkecil itu menarik lebih banyak pengunjung.

peamasamba peamasamba peamasamba peamasamba peamasamba peamasamba peamasamba peamasamba peamasamba

Post a Comment

2 Comments
* Tolong Jangan Ngespam Ya. Semua komentar akan ditinjau oleh Admin.
Post a Comment