Apakah memindahkan sistem operasi Windows 10 dari HDD ke SSD akan menghilangkan lisensinya?

1

Baiklah, jadi pertanyaan lengkapnya adalah "Apakah memindahkan sistem operasi Windows 10 ke SSD akan menghilangkan lisensinya, bila Windows 10 asli bawaan sudah terpasang di HDD bawaan laptop sebelumnya?" Jawabannya adalah:

Ini tergantung jenis lisensi yang anda miliki. Ada beberapa skema lisensi dari microsoft, setidaknya ada dua (yang mudah saja) yaitu lisensi OEM dan lisensi Retail.


1. Lisensi OEM.

Lisensi ini melekat pada hardware. Biasanya etika anda membeli Hardware (PC misalnya), didalamnya sudah ada windows berlisensi OEM. Lisensi ini tidak terpisahkan dari hardware, artinya anda tidak bisa memindahkan lisensi ke hardware lain (misalnya ganti PC baru). Salah satu tanda hardware anda memiliki lisensi OEM adalah ada sticker COA tertempel.

Apakah memindahkan sistem operasi Windows 10 dari HDD ke SSD akan menghilangkan lisensinya?


Lisensi OEM secara legal juga akan hilang kalau anda mengganti Motherboard. Kalau hanya SSD sepanjang saya tahu masih boleh dilakukan. Microsoft memaklumi bahwa karena sesuatu hal orang harus mengganti komponen dan peripheral. dan ini diizinkan sepanjang bukan Komponen Mother Board.

2. Lisensi Retail

Ini adalah jenis lisensi yang anda beli secara bebas. Hak lisensi ini melekat pada anda sebagai pemilik (bukan Hardware). artinya anda bisa memindahkan lisensi anda ke PC atau server lain dan tetap legal. Bukti kepemilikan lisensi adalah anda mendapatkan sertifikat legal.

Apakah memindahkan sistem operasi Windows 10 dari HDD ke SSD akan menghilangkan lisensinya?



Yang pasrinya lisensi originalnya tidak akan hilang karena lisensi tersimpan pada Server Windows. Pastikan kamu logged in ke Akun Microsoft pada komputer tersebut untuk menakutkan lisensi digital pada akun Microsoft.

Kamu bisa mengunduh ISO media Instalasi Windows 10 secara resmi pada halaman Download Windows 10 Disc Image (ISO File), yang mana ISO ini nanti perlu ditulis ke Flashdisk menggunakan perangkat lunak khusus untuk membuat media Instalasi USB. Kecuali kamu berniat mengunduh dari sumber tidak jelas maka tidak perlu itu.

Silahkan anda baca informasinya disini


Post a Comment

1 Comments
* Tolong Jangan Ngespam Ya. Semua komentar akan ditinjau oleh Admin.
Post a Comment