Apakah Aman Menyimpan Data di Google Drive?

1

Apakah Aman Menyimpan Data di Google Drive?

Google Drive merupakan layanan penyimpanan cloud yang disediakan oleh Google yang memungkinka kalian bisa menyimpan file, dokumen, dan data lainnya secara online. Menyimpan data di Google Drive bisa menjadi pilihan yang aman, khususnya kalau kalianmemperhatikan beberapa  hal sebagai berikut:

  1. Yang jelas pastikan kalian memilih opsi enkripsi data yang tersedia saat mengunggah file ke Google Drive. Ini sangat membantu menjaga keamanan data kalian dengan mengubahnya menjadi kode yang tidak akan bisa dibaca oleh orang lain selain dirimu.
  2. Gunakan password yang kuat (panjang, ada huruf besar dan kecil dan simbol) atau unik untuk akun Google Drive kalian, dan pastikan untuk mengganti password secara berkala untuk menjaga keamanan akun kalian.
  3. Jangan membagikan file atau folder dengan orang yang tidak kalian kenali atau tidak dapat dipercaya.
  4. Pastikan untuk membackup data kalian secara teratur, baik di Google Drive maupun di media penyimpanan lainnya, seperti hard drive eksternal atau kaset.
  5. Jangan membuka akun Google kalian di device atau perangkat lain keculai perangkat pribadi kalian sendiri.
  6. Jika kalian mau menggunakan kapasitas yang unlimited, sebaiknya kalian beli di official resmi Google dan jangan mengupload file atau sesuatu yang dilarang oleh ketentuan atau persyaratan pihak Google.
  7. Minimal pakai 2 step authentication untuk akun google kalian.
  8. Jangan pernah berikan izin kepada website atau aplikasi yang meminta hak akses untuk akun google drive kalian.
  9. Untuk keamanan extra, minimal berikan password untuk file kalian( termudah pakai aplikasi kompresi file ) atau enkripsi file kalian.
  10. Bukan cuma Google Drive saja yang menyediakan penyimpanan file atau berkas, ada banyak juga yang bagus, terperfaya dan berkualitas seperti diantaranya: Upobox, DropBox, OneDrive, MEGA, dan masih banyak lainnya.

Namun tidak sepenuhnya aman ya, misal: Ketika kalian mengaktifkan sinkron otomatis dan laptop kalian terinfeksi ransomware, maka otomatis file di cloudmu mengikuti dan harus anda kembalikan ke versi sebelumnya. Jadi berhati-hatilah berselancar dengan internet, sembarang kliik in, download ini, tau-taunya itu virus ransomware.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, menyimpan data di Google Drive dapat menjadi pilihan yang aman. Namun, selalu ada risiko terhadap keamanan data yang disimpan di internet, jadi sebaiknya tetap waspada dan terus memperhatikan keamanan akun kalian. Itu saja yang kami bisa jelaskan atau uraikan, semoga bermanfaat. Kami Pea Masamba, terima kasih sudah mengunjungi blog kami.

Post a Comment

1 Comments
* Tolong Jangan Ngespam Ya. Semua komentar akan ditinjau oleh Admin.
Post a Comment