Apa Saja Fakta Mengenai Nabi Muhammad Yang Jarang Diketahui?

1

Begitu mulianya dan lengkapnya sosok putra Abdullah. Bgitu banyak fakta Nabi Muhammad yang membuat kita takjub khususnya bagi umatnya. Nabi menjadi paripurna bukan semata karena ia seorang Nabi akhir zaman, melainkan juga karena beliau begitu manusiawi, kadang seperti malaikat amalannya, namun kesehariannya tak jarang seperti kita juga sebagai manusia biasa.

Oke tak perlu admin panjang lebar lagi berkata-kata. berikut ini fakta-fakta Nabi Mumahammad SAW yang jarang diketahui oleh umatnya.


1. Nabi Muhammad berkulit putih bersih agak kemerah-merahan, rambutnya gondrong sebahu dan ikal.

2. Beliau pemilik pedang Zulfikar. Pedang yang sangat tajam dan berat dengan bentuk melengkung serta ujung bercabang dua. Sebelum wafat, Rasulullah mewariskan pedang tersebut kepada menantunya Sahabat Ali bin Abi Thalib.

Apa Saja Fakta Mengenai Nabi Muhammad Yang Jarang Diketahui?



3. Beliau mempunyai perut yang rata six pack dan bahu beliau lebar.

4. Beliau memiliki postur tubuh yang ideal, tidak tinggi dan tidak juga pendek. Tidak kurus, tidak juga gemuk.

5. Bibir beliau berwarna merah.

6. Bulu mata beliau lentik dengan bola mata hitam.

7. Beliau mempunyai alis tebal yang keduanya hampir menyatu.

8. Rasulullah mempunyai fisik yang kuat bahkan kekuatan beliau setara dengan 30x kekuatan laki-laki normal. Pada perang Khandaq, sahabat seperti Salman Alfarisi berusaha memecahkan batu besar agar bisa meneruskan membuat parit, namun berkali-kali dilakukan, batu tetap tidak bergeming. Alat pemukul pun selalu patah. Rasulullah hanya memukulnya sebanyak 3x dan batu besar tersebut langsung pecah. Setiap kali pukulan, batu mengeluarkan percikan api.

9. Gigi beliau putih bersih.

10. Beliau menyukai memakan dendeng daging kambing.

11. Rasulullah lah yang memberi gelar nama Abu Hurairah (Bapak Kucing) kepada Abdus Syams (Nama Jahiliyah Sahabat Abu Hurairah).

12. Rasulullah pernah meminum habis satu gelas air yang rasanya garam banget alias asin yang diberikan Aisyah ketika beliau sedang haus-hausnya pada saat baru pulang dari medan perang, tanpa marah sama sekali malah tersenyum. Ternyata saking gembiranya Aisyah melihat kedatangan suaminya ia lupa mencampurkan gula kedalam minuman malah memasukkan garam. Kemudian Aisyah meminta maaf dan Rasulullah malah memeluknya.

13. Rasulullah pernah diracun pada makanannya oleh wanita Yahudi. Atas izin Allah beliau baik-baik saja.

14. Beliau memakan daging sembelihan ahlul kitab dan tidak pernah menanyakan ini gimana cara menyembelihnya dan sebagainya.

15. Orang Badui yang terbiasa bicara ceplas ceplos, yang tidak mengenal beliau adalah Rasulullah, memanggil beliau dengan panggilan "Wahai orang tampan...".

16. Beliau menyukai meminum air rendaman kurma.

17. Rasulullah senang memakan kurma Ajwa.

18. Rasulullah kalau memakan roti biasanya dicampur air cuka atau minyak Zaitun.

19. Rasulullah pertama kali mulai bekerja untuk mendapatkan uang sakunya sendiri pada usia 8 tahun sebagai penggembala domba. Beliau melakukannya karena tidak ingin menyusahkan pamannya Abu Thalib. Setelahnya, diusia 12 tahun beliau mulai ikut pamannya berdagang keluar Mekkah menuju Madinah atau ke Syam.

20. Selama seumur hidupnya, Rasulullah pernah sakit hanya sebanyak 2 kali. Pertama pada saat beliau menerima wahyu pertama kali di Gua Hira, beliau demam. Kedua sakit selama 3 hari menjelang wafat.

21. Beliau berwajah manis. Sahabat pernah menanyakan hal itu pada beliau "Wahai Rasulullah, tampan mana antara engkau dengan Nabi Yusuf"? Beliau menjawab : "Yusuf lebih tampan tapi aku lebih manis".

22. Jika beliau tertawa, gigi-giginya yang rapi hingga gerahamnya terlihat.

23. Dada beliau pernah dibelah oleh Malaikat Jibril didampingi Malaikat Mikail dan dikeluarkan kotorannya kemudian ditutup kembali.

24. Rasulullah keturanan Bani Ismail bukan Bani Ishaq.

25. Jalur nasab beliau bertemu dengan Sahabat Abu Bakr As-Shidiq. Nasabnya bertemu dengan nasab Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam pada kakek keenam yaitu Murrah bin Ka'ab.

26. Rasulullah pernah memakai baju berwarna merah. Kontras dengan kulit tubuhnya yang putih. Dan sahabat memuji ketampanannya.

27. Aroma tubuh beliau sangat wangi dari sononya tanpa memakai minyak wangi sekalipun. Orang-orang yang lewat akan mengetahui bahwa beliau baru saja melewati jalan tersebut dengan mencium aroma wanginya yang tertinggal.

28. Dibahu beliau terdapat tanda kenabian.

29. Beliau mengetahui akan kesyahidan Umar Bin Khattab dan Ustman Bin Affan ketika mereka berempat dengan Abu Bakr berbincang diatas gunung Uhud.

30. Rasulullah tidak hanya menerima wahyu dalam berbentuk pembicaraan dengan Jibril atau melalui mimpi, namun juga terkadang beliau menerima wahyu dalam bentuk suara lonceng yang membuat tubuh beliau berkeringat dingin. Menurut beliau itu adalah cara penerimaan wahyu yang paling sulit, yang setelah selesai terdengar bunyinya baru beliau bisa memahami magsudnya. (Ibnu Hajar Al-Asqalani, Fathul Baari, Jilid 1 Bab 1. Syarah Hadist Imam Bukhori).

31. Rasulullah mengetahui bahwa yang mendatanginya siang hari itu yang sangat terik dan panas adalah Malaikat Jibril untuk mengajarkan islam ditengah-tengah para sahabatnya dan umat dengan menanyakan apa itu Iman, apa itu Islam, dan apa itu Ihsan. (Ibnu Hajar Al-Asqalani, Fathul Baari, Syarah Hadist Imam Bukhori).

32. Beliau memberitahu Aisyah bahwa air liur kucing tidak najis ketika Aisyah akan membuang semua buburnya ketika dimakan kucing.

33. Rasulullah pernah menggunting jubahnya hanya karena seekor kucing tidur diatas jubahnya dan beliau tidak mau mengganggu membuat kucing tersebut terbangun.

34. Beliau makan dengan tangan kanan menggunakan tiga jari.

35. Jin Qarin Beliau sudah Allah tundukkan untuk beliau.

36. Beliau meninggal pada hari Senin sebelum Ashar. Itulah mengapa Sholat Ashar dihari itu langsung dipimpin oleh Abu Bakr. Saya membaca ini dikitab Imam Ibnu Katsir Al-Bidayah Wan-Nihayah.

37. Pada masa Jahiliyah beliau pernah diajak ketempat semacam pesta, namun ketika tiba ditkp beliau justru tertidur pulas hingga pagi, hal tersebut selalu berulang sebanyak 3x. Setelah itu beliau tidak pernah lagi pergi keacara semacam itu.

38. Rasulullah mempunyai uban setidaknya kurang lebih hanya 20 helai, sahabat Anas Bin Malik menghitungnya hanya sekitar 14 helai saja, hingga beliau wafat. Sudah termasuk dengan uban pada rambut kepala dan jenggot.

39. Sepanjang umur hidupnya, Rasulullah hanya sekali saja melakukan ibadah Haji. Itulah haji pertama yang Rasulullah lakukan sekaligus hajinya yang terakhir. Disebut haji Wada'. Sedangkan beliau melakukan Umrah hanya sebanyak 4 kali. Keempat umrah tersebut adalah umrah Dzulqa’dah, umrah Hudaibiyah, umrah ji’ranah, dan umrah yang dilakukan ketika beliau haji. Berdasarkan pada hadis riwayat Muslim di mana Abu Qatadah bertanya kepada sahabat Anas terkait berapa kali Rasulullah haji dan umrah, sahabat Anas bin Malik menjawab, “Rasulullah naik haji satu kali dan umrah empat kali.

40. Anak Rasulullah yang terakhir bernama Ibrahim bin Muhammad. Anak beliau dengan Maria/Mariyah Al-Qibtiyah. Namun masih berada dalam masa pertumbuhan Ibrahim meninggal dunia.

Post a Comment

1 Comments
* Tolong Jangan Ngespam Ya. Semua komentar akan ditinjau oleh Admin.
Post a Comment