Lukisan Kanguru Tertua di Dunia

1
Lukisan Kanguru Tertua di Dunia

Baru-baru ini telah ditemukan sebuah lukisan Kanguru Oker Merah di Australia yang diperkirakan berusia sekitar 17.300 tahun dan berdasarkan penelitian para peneliti lukisan tersebut merupakan lukisan tertua yang di tempat perlindungan batu Australia. Wilayah Australia Barat yakni Kimberley adalah wilayah yang berpenduduk sedikit dan terkenal merupakan daerah pegunungan curam dimana jurangnya begitu dalam. Terletak di tengah sabana semi-gersang dan garis pantai yang sangat terisolasi, kawasan ini sangat banyak ditemukan ribuan lukisan batu. Profesor Damien Finch dari Universitas Melbourne, berdasarkan penelitiannya akhirnya berhasil menentukan usia gambar-gambar lukisan kuno di Kimberley tersebut.

Finch bersama dengan krunya, bekerja sama dengan Perusahaan Aborigin Balanggarra, yang merupakan pemilik tanah tradisional. Usia batu tersebut belum bisa ditentukan karena tidak organik, tapi berisi data purba yakni adanya tanda radiokarbon dari sarang lebah kuno. Lukisan Kanguru tersebut dilukis di atas batu di belakang sarang, dan diperkiran berusia antara 17.500 atau 17.100 tahun yang lalu

Meskipun lukisan kanguru ini merupakan lukisan batu tertua di Australia, diperkirakan manusia datang sekitar 65.000 tahun yang lalu jadi agak jauh dari usia lukisan yang ditemukan di Australia tersebut. Pada tahun 2009 Antiquity menerbitkan sebuah artikel tentang penemuan lukisan purba, termasuk pahatan, atau ukiran yang menggambarkan Megafauna yang sudah punah seperti Genyornis dan Thylacoleo pada zaman Pleistosen.

Lukisan Kanguru Tertua di Dunia

Sementara penemuan lukisan kanguru berusia 17.300 tahun memang merupakan penemuan yang luar biasa. Jeff During di tahun 2000 mengatakan "Gwion Gwion: Jalur Rahasia dan Keramat bagi orang Aborigin Ngarinyin di Australia". Berdasarkan penelitian ini maka dinyatakan sebagai lukisan purba tertua di Australia. Gambar arang yang unik ini ditemukan pada pecahan batu yang ditemukan selama penggalian batu di Narwala Gabarnmang Tanah Arnhem, di Northern Territory pada tahun 1990-an yang diperkirakan berusia 28.000 tahun dan merupakan salah satu lukisan tertua yang ada di dunia.

Lukisan Kanguru Tertua di Dunia

Lukisan Kanguru berusia 17.300 tahun ini jauh lebih tua dari lukisan purba yang ada di Australia, tapi bergambarkan kehidupan Australia selama Paleolitik. Lukisan-lukisan gua juga pernah ditemukan di gua Spanyol berusia 65.000 tahun yang lalu, dan menurut National Geographic termasuk lukisan / gambar gua tertua yang pernah ditemukan yang mendahului kedatangan Homo sapiens modern ke Eropa, artinya yang jelas ada yang memnggambarnya dan tak diragukan si Neanderthal, yang melukis di gua-gua sekitar di waktu yang sama ketika Homo sapiens tiba di pantai Oz.

Post a Comment

1 Comments
* Tolong Jangan Ngespam Ya. Semua komentar akan ditinjau oleh Admin.
  1. Butuh Dana Cepat, silahkan bermohon dibawah ini:

    http://bit.ly/3EJwNmz

    ReplyDelete
Post a Comment