Apakah Semut Benar-Benar Tidur?

1
 
Apakah Semut Benar-Benar Tidur?

Banyak yang bilang semut katanya gak pernah tidur, sering jalan mulu. Kali ini admin akan mengulas masalah ini. Semut ini merupakan salah satu hewan berpopulasi besar dan banyak ditemukan pada daerah beriklim tropis. Semut ini bisa dikatakan hewan pekerja keras, berkoloni atau berkelompok, peduli sesama dan suka bergotong royong. Mereka tidur tapi seakan tidak tidur sama sekali.

Ada sebuah artikel yang pernah admin baca, terdapat sebuah pertanyaan, Apakah semut itu hewan yang diskriminatif? 

Apakah kalian pernah melihat semut membangun sarang di dalam kayu, dan kayu itu mereka buat jadi berlubang atau bolong serta terdapat butiran yang mirip pasir. Berdasarkan penelitian ilmiah tentang diskriminatif hewan ini lewat kepeduliannya, maka dilakukanlah penelitian secara observasi langsung terhadap tingkah laku 2 jenis semut, diantaranya:
1. Semut Tukang Kayu 
2. Semut Kroto 

Apakah Semut Benar-Benar Tidur?

Apakah Semut Benar-Benar Tidur?

Berdasarkan hasil penelitian itu, terbukti kalau semut merupakan hewan yang diskriminatif, kenapa demikian? 

Karena semut cuma mengenali feromon yang dipancarkan oleh semut sesama koloni. Pada saat dipertemukan kedua jenis semut ini, mereka akan berkelahi. Tapi sayangnya, umur semut pekerja sangat pendek ya, rata-rata cuma hidup selama 40 s.d 60 hari saja, sedangkan Ratunya bisa hidup sampai bertahun-tahun.

Baiklah kita beralih mengenai pertanyaan utama, Apakah semut benar-benar tidur? 

Yang pastinya semua hewan butuh tidur, bahkan ikan dan serangga pun juga tidur. Mungkin kita melihat semut itu mirip semua dan tidurnya bersembunyi disarang jadi engga keliatan tidur, bahkan semut itu bisa capek juga. Tidurnya semut itu secara bergantian dengan semut yang lain. Dalam sehari saja, seekor semut bisa tidur sebanyak 250 kali dan cuma tidur kurang lebih se-menit dalam sekali tidur.

Itulah sebabnya kita jarang melihat semut tidur, bahkan berdiam diri di suatu tempat. Selain itu pada musin dingin, semut juga berhibernasi loh. Tidur mereka lebih lama daripada pada musim panas, meski tidur mereka lebih lama tapi itu masih sedikit jika dibandingkan dengan waktu tidur Ratunya. Para pekerja semut cuman 4 jam sehari dalam musim dingin, sedangkan sang Ratu itu bisa sampai 9 jam sehari loh waktu tidurnya. Tapi admin sudah jelaskan tadi diatas, mereka tidur saling bergantian dan kalau di musim dingin, mereka bergantian sebanyak 92 kali dalam sehari. Memang tepat dikatakan hewan yang berkoloni. 

Apakah Semut Benar-Benar Tidur?

Sampai disini dulu ulasan dari admin, jika ada kurang dan salahnya itu karena mutlak kebodohan saya sendiri, jika ada benarnya itu datangnya dari Allah SWT. Sekian dan terimakasih sudah mampir di blog kami Pea Masamba, bye.


Post a Comment

1 Comments
* Tolong Jangan Ngespam Ya. Semua komentar akan ditinjau oleh Admin.
Post a Comment