Bagaimana Cara Minum Air 8 Gelas Yang Benar

1

Bagaimana Cara Minum Air 8 Gelas Yang Benar

Sebenarnya menurut penelitian, tubuh manusia itu terdiri dari cairan sebanyak 50%, agar sel, jaringan dan organ dalam tubuh bisa bekerja dengan  baik maka dibutuhkan cairan dalam tubuh, jadi dianjurkan minum air putih dalam jumlah yang cukup atau tdak berlebihan. Bagaimana kalau tubuh kekurangan air, bisa berakibat pada sel-sel dalam tubuh akan lebih sulit untuk bekerja dan terjadilah dehidrasi. Admin pernah baca sebuah artikel soal penelitian Journal of Nutrition mengatakan, "kekurangan cairan 1,36% saja setelah olahraga bisa menimbulkan terganggunya suasana hati dan konsentrasi dan parahnya bisa menjadi penyebab sakit kepala kita loh"

Banyak yang tidak tahu, berapa banyak air yang harus kita minum setiap hari dan cara minum air putih yang benar? 

Menurut saran dokter, minum air sehari itu sebanyak 2 liter atau idelanya delapan gelas. Kapan waktu yang tepat minum air putih? Apa disaat kita merasa haus saja? Baiklah, admin akan jelaskan cara minum yang benar sesuai informasi yang saya dapatkan dari para pendapat dokter yang admin pernah temui. 

Sebenarnya, mau haus ataupun tidak, tubuh kita tetap butuh cairan untuk menjalankan fungsinya. Salah satu strategi untuk minum air putih dengan cara benar adalah dengan membuat jadwal waktu minum air putih. Minum 8 kali masing-masing 1 gelas air putih lebih baik dibanding minum 4 kali masing-masing 2 gelas air putih. 

Sebelum admin menjelaskan kapan waktu yang terbaik minum air putih, ada beberapa hal penting yang perlu kalian ketahui tentang manfaat minum air 8 gelas sehari, diantaranya :
1.Memelihara fungsi ginjal.
2. Menghindari dehidrasi.
3. Mengurangi risiko kanker kandung kemih.
4. Memperlancar pencernaan.
5. Merawat kulit dan bisa mengontrol jumlah kalori.

Nah berikut ini menurut para pakar kesehatan waktu yang tepat minum air putih, adalah:
1. Satu gelas jam 7:00 pagi, berfungsi sebagai detoksifikasi dan menambah kecantikan.
2. Satu gelas jam 9:00  pagi bisa meningkatkan vitalitas.
3. Satu gelas jam 11:30 siang, berfungsi menambah rasa kenyang, mengurasi asupan karbohidrat.
4. Satu gelas jam 1:30 siang, berfungsi melancarkan pencernaan.
5. Satu gelas jam 15:30 sore, berfungsi menyegarkan tubuh dan menenangkan pikiran.
6. Satu gelas jam 17:30 sore, berfungsi menghilangkan rasa lelah dan lapar.
7. Satu gelas jam 19:00 malam, berfungsi melancarkan peredaran darah.
8. Satu gelas jam 21:00 malam, berfungsi meningkat metabolisme tubuh.


Bagaimana Cara Minum Air 8 Gelas Yang Benar

Tapi satu hal yang perlu kita ketahui kalau minum air saat bangun pagi dalam keadaan perut masih kosong itu sangat penting bagi kesehatan kita asalkan air yang kita minum adalah air hangat bukan yang dingin karena bisa meningkatkan fungsi sistem saraf pusat, meredakan sembelit, menghangatkan tubuh yang kedinginan, meningkatkan sirkulasi darah, meringankan gejala Akalasia, mencegah penuaan dini, menurunkan tingkat stres dan banyak lagi.

Banyak juga yang bilang kalau kelebihan minum air putih itu bisa menyebabkan Edema, tapi menurut para dokter itu tidak berbahaya jika menimbulkan bengkak pada tubuh jika dibandingkan dengan yang kekurangan cairan dalam tubuh atau dehidrasi. Tapi yang berbahaya itu bagi pengidap kelainan jantung, jadi jangan berlebihan minum bisa menyebabkan pembengkakan jantung. Tapi kalau dibandingkan dengan dehidrasi lebih berbahaya lagi karena kehilangan 2% cairan tubuh saja, tubuh akan lebih mudah merasa capek, emosi dan suasana hati juga makin terganggu. 

Sekian dulu dari ulasan admin tentang pentingnya minum air putih dan menjadwalkan minum agar mudah dilaksanakan. Terima kasih sudah mau mampir di blog kami Pea Masamba. Bye...

.

Post a Comment

1 Comments
* Tolong Jangan Ngespam Ya. Semua komentar akan ditinjau oleh Admin.
Post a Comment